Sabtu, 10 Desember 2011

Contoh Negara Maju


Contoh Negara Maju
1. Jepang
Negara Jepang merupakan negara kepulauan yang terletak di wilayah Asia Timur dengan luas 377.837 km². Wilayahnya membentang dari utara ke selatan sepanjang ±2.400 km. Jepang terdiri atas empat pulau utama, yaitu Pulau
Hokkaido (Yesso), Pulau Honsu (Hondo), Pulau Shikoku, dan Pulau Kyusu. Honshu (Hondo) merupakan pulau terbesar di Negara Jepang. Di samping pulau-pulau uatama, masih terdapat ±3.900 pulau-pulau kecil lainnya. Meskipun wilayahnya terbentuk kepulauan, semangat nasional penduduknya memberi pengaruh besar terhadap perkembangan Negara Jepang.
Negara Jepang merupakan salah satu negara maju di dunia. Negara ini terkenal dengan julukan “Negeri Matahari Terbit” atau “Negeri Sakura”. Orang-orang Jepang terkenal suka berkeja keras dan mempunyai tingkat disiplin yang tinggi. Masyarakat Jepang menyebut negerinya Nihon yang kemudian dilafalkan menjadi Nippon yang berarti Matahari Terbit.

2. Amerika Serikat
Negara Amerika Serikat terletak di Benua Amerika bagian Utara. Luas wilayahnya ±9.826.630 km² (menduduki urutan ke 4 dunia). Bila dibandingkan, luas wilayah Amerika hampir lima kali luas wilayah Indonesia. Negara Amerika Serikat tergolong negara yang maju di dunia.
Amerika Serikat diproklamasikan sebagai negara merdeka pada tanggal 4 Juli 1776 di Philadelphia. Kalau pada awalnya hanya meliputi 13 daerah koloni (daerah bekas jajahan), kini Amerika Serikat meliputi 50 negara bagian termasuk dua termuda yaitu Hawai dan Alaska.
Pada tahun 1789, pemerintahan berdasarkan konstitusi di mulai dan presiden pertamanya yaitu George Washington. Sebagai negara serikat (federal), maka konstitusi federal memberi garis struktur pemerintahan nasional wewenang serta kegiatannya. Kegiatan lainnya menjadi tanggung jawab negara bagian yang mempunyai konstitusi dan uandang-undang sendiri.

Amerika Serikat dikenal juga sebagai negara multirasial, dihuni oleh semua ras dari aneka ragam manusia di dunia. Sistem politiknya sangat terkenal demokrasi dengan asas yang benar-benar menghargai hak asasi manusia. Namun demikian, pada kenyataannya masih ada juga perlakuan dekriminasi pada beberapa suku dan ras, yakni suku Indian dan orang Negro.

3. Inggris
Negara Inggris merupakan negara kepulauan di Benua Eropa yang sangat padat penduduknya. Luas keseluruhan wilayah Inggris ±244.110 km². Negara Ingris sering disebut dengan United Kingdom of Great Britain and Northern Ireland. Wilayah ini meliputi daerah England, Wales, Skotlandia, dan Irlandia Utara. Wilayah England, Wales, dan Skotlandia berada pada suatu pulau utama yang disebut Great Britain. Luas pulau utama ini hampir 230.000 km² . Disamping itu, Negara Inggris meliputi juga sejumlah pulau-pulau kecil, antara lain Pulau Man di Laut Irlandia dan Kepulauan Channel yang terletak di antara daratan Inggris dan Perancis.

4. Perancis
Negara Perancis merupakan Negara terluas di Benua Eropa. Negara ini merupakan negara tertua ke 3 di dunia setelah Negara Ethiopia dan San Marino. Luas Negara Perancis ±543.965 km² .
Apabila dibandingkan dengan Negara Eropa lainnya, Negara Perancis memiliki karakteristik yang khas, dalam hal keadaan lingkungan alamnya, kehidupan ekonomi social dan politiknya. Wilayah yang luas, menjadikan keadaan alamnya bevariasi dan semangat kebangsaannya tinggi. Hal ini telah mengantarkan Neagara Perancis mencapai masa-masa kejayaan yang gemilang dalam sejarah perkembangan di negara-negara Eropa.




Sebagai negara industri yang maju, Perancis merupakan salah satu negara yang memiliki perekonomian yang kuat. Hal ini disebabkan karena perindustrian berkembang pesat yang diimbangi dengan kemampuan menghasilkan bahan makanan dan industri hasil peryanian. Perancis merupakan negara maju ke 2 (sesudah Amerika Serikat) pengekspor bahan makanan hasil pertanian. Hasil ekspor ini cukup penting artinya dalam menambah devisa negaranya.


0 komentar:

Poskan Komentar