Sabtu, 10 Desember 2011

Myanmar


MYANMAR
a.Penduduk
Pada tahun 2003 penduduk Myanmar berjumlah 49,5 juta jiwa. Kepadatan penduduknya 73 jiwa per km². Agama penduduk, meliputi Budha (89,4%); Kristen (4,9%); Islam (3,8%); Hindu (0,5%); kepercayaan suku (1,1%); lain-lain (0,3%). Bahasa yang digunakan adalah bahas Burma. Satuan mata uangnya Kyat.

Penduduk Myanmar terdiri atas beberapa kelompok etnis. Kelompok terbesar ialah orang Burma keturunan Tibet Burma yang mewarisi peradaban bangsa-bangsa Pyus dan Mon yang menempati wilayah Irawadi.
b.Mata Pencaharian
*)Pertanian
Pertanian memang peranan penting bagi perekonomian Myanmar. Beras, biji-bijian, kapas, tembakau, tebu, dan kacang-kacangan menjadi tanaman pangan yang banyak ditanam. Myanmar juga menjadi penghasil kayu jati terkemuka di dunia.
*)Pertambangan
Barang tambang dari Myanmar adalah timbale, seng, tungsten, tembaga, emas, dan perak. Minyak bumi juga banyak diproduksi dan ditambang oleh Myanmar.
*)Industri
Penangkapan ikan, pertambangan, dan perkayuan menjadi industri utama di Myanmar. Industri yang dikembangkan lainnya adalah industri semen, tekstil, pupuk, farmasi, dan baja. Industri ukiran juga banyak terdaat di Myanmar.



0 komentar:

Posting Komentar